man in the news

Dari Dunia Telik Sandi Pimpin Humas Polri

Irjen. Pol. Drs. Setyo Wasisto, S.H resmi menjabat Kadiv Humas Polri, Jumat (18/4/2017), menggantikan Irjen Pol Drs Boy Rafli Amar (klik video). Sosok yang akrap dipanggil Pak Setyo ini berpengalaman di bidang intelejen. Sepanjang kariernya banyak dihabiskan di dunia telik sandi.

SEBELUM Kadiv Humas, priya kelahiran Semarang bulan Oktober 1961 ini menjabat Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri (Waka Baintelkam Polri) pada 2016.

“Sebagai Kadiv Humas baru, saya berharap bisa menjadi juru bicara yang baik bagi Kapolri maupun intitusi , dan lebih dari itu program-program Divisi Humas Polri bisa bermanfaat bagi masyarakat dan memenuhi harapan publik ,” kata Setyo Wasisto dalam pisah sambut Kadiv Humas Polri, baru-baru ini.

Jenderal bintang dua ini pernah pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Hukum Polri, SLO Kawasan Set NCB (Malaysia), Dir Intelkam Polda Metro Jaya (2008), Wakil Direktur Politik (Wadirpolitik) Baintelkam Polri (2010), Direktur Keamanan Negara (Kamneg) Baintelkam Polri (2012), Sekretaris NCB Interpol Indonesia (2014), Tenaga Ahli Bidang Hukum dan HAM Lemhannas (2015), dan Kepala Divisi Hukum Polri (2016).

Kecintaan dirinya terhadap ilmu intelejen membuat pimpinan Polri acap menugaskan ke daerah yang berhubungan dengan data keamanan dan kerahasian negara ini. Seperti ketika berdinas di Polda Sulawesi Tengah dan Polda Metro Jaya. Jabatan komando yang pernah dipegang sebagai Kapolsek Tomohon Polda Sulut, Kapolres Indramayu dan Kapolresta Bogor Polda Jawa Barat.

Riwayat pendidikan juga dibilang lengkap lengkap. Priya yang punya hobi menembak ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1984, Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) 1994, Sekolah Pimpinan (Sespim) Polri (1998) , Sekolah Perwira Tinggi (Sespati) Polri (2009) dan Lemhanas (2010).

Sejak mengawali karir di Polda Metro Jaya, Setyo Wasisto ini selalu penuh dengan ide dan gagasan dalam menjalankan setiap program kerjanya. Dirinya selalu bekerja secara cepat namun teliti dan mudah menjalin komunikasi dan koordinasi dengan staf menjadikan pekerjaan cepat terselesaikan.

Pria yang suka menyanyi keroncong ini kerap menjadi kepercayaan Polri untuk tugas kepolisian lainnya seperti sebagai Senior Liason Officer (LO) di Kuala Lumpur Malaysia sebagai Sekretaris NCB-Interpol Indonesia.

Tanggung jawab tugas yang diembannya menjadikan Irjen Setyo sering berkeliling lintas negara untuk menghadiri berbagai pertemuan internasional. Setyo juga menjadi narasumber handal Polri dalam berbagai forum internasional. Pengalaman yang membanggakan, ketika Setyo dan jajarannya sukses menjadi penyelenggara Sidang Umum Interpol di Nusa Dua, Bali, pada 2016. Event bertaraf internasional ini mampu menghadirkan jumlah anggota negara Interpol terbanyak dan delegasi negara yang menghadiri acara ini memberi acungan jempol pada Indonesia.

Setyo Wasisto kerap menjadi aktor di balik nota kesepahaman (MoU) dan menyelenggarakan focus group discussion (FGD) terkait perkembangan hukum ataupun membuat rancangan undang-undang , terutama rancangan undang-undang terorisme . Dia juga dikenal akrap dengan anak buah. Seperti saat menjadi Waka Baintelkam Polri, dirinya memberi teladan kepada anak buah bagaimana bekerja secara diam dan mampu mengumpulkan berbagai informasi di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan keamanan , yang muaranya untuk meredam gejolak yang dimungkinkan muncul di tengah masyarakat. []

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

latest posts

Copyright © 2018 Breaking News All Right Reserved

To Top