Inilah Pasal-pasal Tentang Makar dalam KUHP

Sejumlah pasal yang berkaitan dengan makar, ada dalam KUHP (klik video). Pertanyaannya, apakah Sri Bintang Pamungkas dkk telah melakukan langkah-langkah yang tercermin pada pasal-pasal tersebut? Apakah mereka misalnya berkemampuan untuk membunuh, merampas kemerdekaan dan meniadakan kemampuan Presiden dan Wakil Presiden? Yang jelas, inilah pasal-pasal di KUHP yang menyinggung soal makar tersebut.

Pasal 104
Makar dengan maksud untuk membunuh, atau merampas kemerdekaan, atau meniadakan kemampuan Presiden atau Wakil Presiden memerintah, diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun.
Pasal 105
[Pasal ini ditiadakan berdasarkan Undang-undang No. 1 Tahun 1946, pasal VIII, butir 13.]
Pasal 106
Makar dengan maksud supaya seluruh atau sebagian dari wilayah negara, diancam dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun.
Pasal 107
Makar dengan maksud untuk menggulingkan pemerintah, diancam dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun. Para pemimpin dan pengatur makar tersebut dalam ayat 1, diancam dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun. []

72 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *