Dinilai Tidak Layak Petugas Larang Lima Bus Beroperasi di Garut

Garut, 1/6 (BWEB.ID) – Polisi dan petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Jabar melarang lima bus beroperasi karena kondisinya tidak layak saat operasi kelayakan kendaraan bus umum menjelang pengamanan arus mudik Lebaran di Terminal Guntur, Garut, Jumat (1/6/2018).

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut AKP Erik Bangun Prakasa mengatakan, bus yang tidak layak beroperasi karena kondisinya rusak, dan surat-surat seperti uji KIR sudah habis masa aktifnya.

“Ada lima bus yang kita tahan dulu, tidak boleh jalan,” kata AKP Erik.

Ia menuturkan, uji kelayakan yang dilakukan jajaran kepolisian dan petugas Dishub Garut tersebut meliputi pemeriksaan nomor mesin karena khawatir tidak sesuai dengan surat-surat kendaraannya.

Selain itu, lanjut dia, petugas memeriksa surat tanda nomor kendaraan (STNK), kir, fungsi utama kendaraan seperti rem, wiper, lampu termasuk kondisi ban.

“Ada beberapa hal yang diperiksa, mulai dari kir, surat-surat, wiper, rem dan lampu,” katanya.

Ia mengimbau pemilik bus untuk selalu memperhatikan kondisi kelayakan kendaraan, dan segera diperbaiki jika ada fungsi kendaraan yang rusak, jika tidak diperbaiki akan ditindak tegas.

Ia berharap, pemeriksaan rutin kendaraan bus itu dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang yang akan mudik Lebaran.

“Mudik 2018 ini harus lancar, semuanya selamat dan tidak ada kecelakaan,” katanya.

ANTARA/Foto: Bus jurusan Garut di Terminal Lebak Bulus LIMA

354 total views, 1 views today