Thursday, November 15
Home>>Services>>Toyota Sienna Dikalahkan Honda Odyssey dalam Uji Tabrakan
Services

Toyota Sienna Dikalahkan Honda Odyssey dalam Uji Tabrakan

Jakarta, 17/8 (Breakingnews.web.id) – Toyota Sienna terhuyung-huyung dalam uji tabrakan yang diselenggarakan Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), dengan meraih rating minim, dibanding Honday Odyssey yang mendapatkan peringkat memuaskan (Good+).

Sejumlah model minivan baru tahun 2018-2019 diuji oleh IIHS, termasuk Chrysler Pacifica, Dodge Grand Caravan, Kia Sedona, dan Toyota Sienna.

Mobil-mobil itu diuji tabrakan dari depan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan bagi pengendara dan penumpang ketika mobil menabrak obyek lain, seperti pohon atau tiang listrik.

IIHS mulai menilai kendaraan untuk perlindungan penumpang dalam kecelakaan depan sisi pengemudi pada tahun 2012 dan menambahkan uji sisi penumpang tahun lalu untuk memastikan penumpang di kedua sisi kendaraan mendapatkan perlindungan yang sama.

Dalam uji terbaru, Toyota Sienna hanya mendapatkan rating “Acceptable” bisa diterima untuk sisi pengemudi, sedangkan pada sisi penumpang mobil ini hanya meraih “Marginal”, nilai minim untuk tingkat keselamatan.

Sementara Honda Odyssey sebaliknya, mobil keluarga mewah Honda ini mendapatkan penilaian memuaskan atau “Good” baik pada sisi penumpang maupun dari sisi keselamatan pengemudi.

Tingkat keselamatan Toyota Sienna pada sisi pengemudi adalah setara dengan Dodge Grand Caravan dan Kia Sedona yang mendapatkan rating “Acceptable”. Namun, dari sisi penumpang Sinna mendapatkan penilaian minim.

Kepala penelitian IIHS David Zuby dalam pernyataan resmi di Jakarta, yang dikutip LKBN Antara, Kamis (16/8) menyatakan dalam pengujian sisi penumpang terbaru tidak ditemukan masalah kinerja dengan sabuk pengaman atau airbag seperti yang kami lakukan ketika kami mengevaluasi SUV kecil dan menengah awal tahun ini dan mobil menengah tahun lalu.

“Sebaliknya, kami melihat beberapa kekurangan struktural di sisi kanan yang masih perlu ditangani,” katanya.

Pacifica mendapatkan peringkat yang dapat diterima dalam uji keselamatan penumpang, dan Odyssey mendapatkan peringkat yang baik. Hasil untuk Odyssey pertama dirilis pada bulan September 2017. Sienna mendapatkan rating marjinal dalam keselamatan penumpang.

Dimulai dengan model 2015, Toyota memodifikasi struktur Sienna untuk meningkatkan perlindungan sisi pengemudi tetapi tidak membuat perubahan yang sama pada sisi penumpang. Akibatnya, struktur Sienna menjadi buruk dalam tes sisi penumpang.

“Kerangka pengaman harus cukup kuat untuk menahan intrusi dalam tabrakan untuk melindungi orang-orang di dalam, di mana pun mereka duduk di dalam kendaraan,” kata Zuby.

Dalam kasus Sienna, struktur itu memungkinkan sebanyak 20 inci intrusi di kompartemen penumpang yang lebih rendah dan lebih dari 16 inci intrusi di dasboard. []